Senin, 11 Juni 2012

KEWIRAUSAHAN


KEWIRAUSAHAAN
Kewirausahaan    (Inggris: Entrepreneurship)   adalah   proses mengidentifikasi,  mengembangkan,  dan  membawa  visi  ke  dalam kehidupan.  Visi  tersebut  bisa  berupa  ide  inovatif,  peluang,  cara yang   lebih  baik  dalam  menjalankan  sesuatu. Hasil  akhir  dari  proses tersebut  adalah  penciptaan  usaha  baru  yang  dibentuk  pada  kondisi risiko  atau   ketidak  pastian.
Kewirausahaan  memiliki  arti  yang  berbeda-beda  antar  para  ahli  atau  sumber  acuan  karena  berbeda-beda  titik  berat  dan penekanannya.  Richard  Cantillon  (1775),  misalnya, mendefinisikan kewirausahaan  sebagai  bekerja  sendiri  (self-employment). Seorang wirausahawan  membeli  barang  saat  ini  pada  harga  tertentu  dan menjualnya   pada  masa  yang  akan  datang  dengan  harga  tidak menentu. Jadi  definisi  ini  lebih  menekankan  pada  bagaimana seseorang  menghadapi  risiko  atau  ketidakpastian.  Berbeda  dengan para  ahli  lainnya,  menurut  Penrose  (1963)  kegiatan  kewirausahaan mencakup  indentfikasi  peluang-peluang  di  dalam  sistem  ekonomi sedangkan  menurut  Harvey  Leibenstein  (1968, 1979)  kewirausahaan mencakup  kegiatan   yang  dibutuhkan  untuk  menciptakan  atau melaksanakan  perusahaan  pada saat  semua  pasar  belum  terbentuk  atau  belum  teridentifikasi  dengan  jelas, atau  komponen  fungsi produksinya  belum  diketahui  sepenuhnya  dan  menurut  Peter Drucker,  kewirausahaan  adalah  kemampuan  untuk  menciptakan sesuatu  yang  baru  dan  berbeda.  Orang  yang  melakukan  kegiatan kewirausahaan  disebut   wirausahawan.  Muncul  pertanyaan  mengapa seorang  wirausahawan  (entrepreneur)  mempunyai  cara  berpikir  yang berbeda  dari  manusia  pada  umumnya. Mereka  mempunyai  motivasi, panggilan  jiwa,  persepsi  dan  emosi  yang  sangat  terkait  dengan  nilai nilai,  sikap  dan  perilaku  sebagai  manusia  unggul.

Hakekat  Kewirausahan

Wirausaha  adalah  kemampuan  yang  dimiliki  oleh  seseorang  untuk melihat  dan  menilai  kesempatan-kesempatan  bisnis,  mengumpulkan  sumber   daya   sumber   daya  yang  dibutuhkan  untuk  mengambil  tindakan  yang  tepat  dan  mengambil   keuntungan  dalam  rangka  meraih  sukses.

Kewirausahaan  pada  hakekatnya  adalah  sifat,  ciri  dan  watak seseorang  yang  memiliki  kemauan  dalam  mewujudkan  gagasan inovatif  ke  dalam  dunia  nyata  secara  kreatif..
Sedangkan   yang   dimaksudkan  dengan  seorang   Wirausahawan adalah   orang-orang   yang   memiliki   kemampuan  melihat  dan   kesempatan-kesempatan  bisnis, mengumpulkan  sumber   daya-sumber daya  yang  dibutuhkan  untuk  mengambil  tindakan  yang  tepat,  mengambil  keuntungan  serta  memiliki  sifat,  watak  dan  kemauan untuk  mewujudkan  gagasan  inovatif   kedalam  dunia  nyata  secara  kreatif  dalam  rangka  meraih  sukses/ meningkatkan  pendapatan.

Intinya, seorang  Wirausahawan  adalah  orang-orang  yang  memiliki jiwa Wirausaha dan mengaplikasikan hakekat Kewirausahaan dalam hidupnya.

Orang-orang  yang  memiliki  kreativitas  dan  inovasi  yang  tinggi dalam  hidupnya.  Secara   epistimologis,  sebenarnya  kewirausahaan hakikatnya  adalah  suatu  kemampuan  dalam  berpikir  kreatif  dan berperilaku  inovatif  yang  dijadikan  dasar,  sumber  daya,  tenaga penggerak,  tujuan,  siasat  dan  kiat  dalam  menghadapi  tantangan hidup.  Seorang   wirausahawan  tidak  hanya  dapat  berencana,  berkata-kata  tetapi  juga  berbuat, merealisasikan  rencana-rencana dalam  pikirannya  kedalam  suatu  tindakan  yang  berorientasi  pada sukses.  Maka  dibutuhkan  kreatifitas,  yaitu  pola  pikir  tentang  sesuatu  yang  baru, serta  inovasi, yaitu  tindakan  dalam  melakukan sesuatu  yang  baru.

Beberapa  konsep  kewirausahaan  seolah  identik  dengan kemampuan  para  wirausahawan  dalam  dunia  usaha  (business). Padahal,  dalam  kenyataannya,  kewirausahaan  tidak  selalu  identik dengan  watak / ciri  wirausahawan  semata, karena  sifat-sifat wirausahawan  pun  dimiliki  oleh  seorang  yang  bukan wirausahawan.  Wirausaha  mencakup  semua  aspek  pekerjaan,   baik  karyawan  swasta   maupun  pemerintahan  (Soeparman Soemahamidjaja,  1980).
Wirausahawan  adalah  mereka  yang  melakukan  upaya-upaya kreatif  dan  inovatif  dengan  jalan  mengembangkan  ide,  dan meramu  sumber  daya  untuk  menemukan  peluang  (opportunity)  dan  perbaikan  (preparation)  hidup  (Prawirokusumo,  1997) Kewirausahaan  (entrepreneurship)  muncul  apabila  seseorang  individu  berani  mengembangkan  usaha-usaha  dan  ide-ide  barunya.  Proses  kewirausahaan  meliputi  semua  fungsi,  aktivitas dan  tindakan  yang  berhubungan  dengan  perolehan  peluang  dan penciptaan  organisasi  usaha  (Suryana, 2001).

Esensi  dari  kewirausahaan  adalah  menciptakan  nilai  tambah  di pasar  melalui  proses  pengkombinasian  sumber  daya  dengan  cara-cara  baru  dan  berbeda  agar  dapat  bersaing.

Menurut  Zimmerer  (1996:51), nilai  tambah  tersebut  dapat diciptakan  melalui  cara-cara  sebagai  berikut:
  • Pengembangan   teknologi   baru  (developing  new   technology)
  • Penemuan  pengetahuan  baru (discovering new knowledge)
  • Perbaikan  produk   (barang  dan  jasa)  yang  sudah  ada (improving existing  products or services)
  • Penemuan  cara-cara  yang  berbeda  untuk  menghasilkan  barang dan  jasa  yang  lebih  banyak  dengan  sumber  daya  yang  lebih sedikit (finding different ways of providing more goods and services with fewer resources)

Walaupun  di antara  para  ahli  ada  yang  lebih  menekankan kewirausahaan  pada  peran  pengusaha  kecil,  namun  sifat  inipun sebenarnya  dimiliki  oleh  orang-orang  yang  berprofesi  di luar wirausahawan.  Jiwa  kewirausahaan  ada   pada  setiap  orang  yang menyukai  perubahan,  pembaharuan,  kemajuan  dan  tantangan,  apapun  profesinya.

Dengan  demikian, ada  enam  hakekat  pentingnya  Kewirausahaan, yaitu:
  • Kewirausahaan  adalah  suatu  nilai  yang  diwujudkan  dalam perilaku  yang  dijadikan  sumber  daya,  tenaga  penggerak,  tujuan, siasat,  kiat,  proses  dan  hasil  bisnis  (Ahmad  Sanusi, 1994)
  • Kewirausahaan  adalah  suatu  nilai  yang  dibutuhkan   untuk  memulai  sebuah  usaha  dan  mengembangkan   usaha  (Soeharto Prawiro, 1997)
  • Kewirausahaan  adalah  suatu  proses  dalam  mengerjakan  sesuatu yang  baru  (kreatif)  dan  berbeda  (inovatif)  yang  bermanfaat  dalam  memberikan  nilai  lebih.
  • Kewirausahaan  adalah  kemampuan  untuk  menciptakan  sesuatu yang  baru  dan  berbeda  (Drucker, 1959)
  • Kewirausahaan  adalah  suatu  proses  penerapan  kreatifitas  dan keinovasian  dalam  memecahkan  persoalan  dan  menemukan peluang  untuk  memperbaiki  kehidupan  usaha  (Zimmerer, 1996)
  • Kewirausahaan   adalah   usaha   menciptakan   nilai  tambah   dengan jalan  mengkombinasikan   sumber-sumber   melalui   cara-cara
..

Perencanan  Pemasaran  adalah  proses  menentukan  bagaimana  suatu  organisasi  dapat mencapai tujuannya  melalui  serangkaian  aktivitas yang  ditujukan  pada  proses  analisa, evaluasi, seleksi  diantara  kesempatan-kesempatan  yang  diprediksi  terlebih  dahulu . Proses  awal  perencanaan  dimulai   dari  penetapan   tujuan  kemudian  merinci  berbagai  cara,  teknik  dan  prosedur  guna  mencapai  tujuan   tersebut.  Perencanaan   dikatakan  efektif.
Pemasaran  dimulai  dengan  pemenuhan  kebutuhan  manusia  yang  kemudian  bertumbuh  menjadi  keinginan  manusia,  proses  dalam  pemenuhan  kebutuhan   dan  keinginan  manusia  inilah  yang  menjadi  konsep  pemasaran.  Mulai  dari  pemenuhan  produk   ( product ),  penetapan   harga  (  price),  pengiriman  barang  (  place ),   dan  mempromosikan   barang  (promotion).  Seseorang   yang   bekerja   di bidang    pemasaran, disebut   pemasar    pemasar  ini   sebaiknya   memiliki  pengetahuan  dalam  konsep   dan  prinsip  pemasaran  agar   kegiatan   pemasaran  dapat   tercapai   sesuai   dengan   kebutuhan   dan  keinginan   manusia   terutama   pihak    konsumen   yang   ditujui

·      Bauran  Pemasaran
Bauran   adalah   empat   komponen   dalam   pemasaran   yang   terdiri  dari  product   (produk),  price  (  penetapan   harga  ) place  ( pengiriman   barang  ),  promotion   (pengiriman  barang ).   Karena   pemasaran   bukanlah   ilmu  pasti   dengan   keuangan ,teori   bauran   pemasaran   juga   terus   berkembang.  Dalam   sebagai   dikenal   juga   7 P  yang  selajutnya   diantaranya   people   (orang ),physhal   (  Evidence),   bukti   fisik,  (  proses ). Pemasaran  lebih dipandang   sebagai  seni  dari pada   ilmu,  maka  seorang  ahli   pemasaran  tergantung  pada  lebih  banyak  pada ketrampilan  dalam  membuat  kebijakan  daripada  berorientasi  pada ilmu  tertentu. Definisi  perencanaan   pemasaran  adalah dalam kondisi lingkungan bisnis yang senantiasa berubah dan tingkat persaingan dalam merebut pangsa pasar semakin ketat. Upaya pemasaran produk merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu organisasi bisnis, termasuk agribisnis.Kegiatan pemasaran dapat menjadi sumber kegagalan perusahaan dan atau menjadi tempat pemborosan jika tidak direncanakan dengan baik.
          Banyak pengusaha agribisnis, terutama yang berskala menengah ke bawah sering kali mengalami kesulitan dalam menyusun Program Pemasaran secara formal, sehingga produk yang dihasilkan tidak mampu mencapai pasar sasarannya. Rencana pemasaran adalah bagaimana sebuah organisasi bisnis dapat mencapai tujuan pemasarannya melalui sistem pemasaran yang dibentuk oleh komponen eksternal, internal, umpan balik dan wirausahawan (pelaku bisnis) proses menentukan bagaimana suatu organisasi dapat mencapai tujuannya melalui serangkaian aktivitas yang ditujukan pada proses analisa, evaluasi, seleksi diantara kesempatan-kesempatan yang diprediksi terlebih dahulu. Proses awal perencanaan dimulai dari penetapan tujuan kemudian merinci berbagai cara, teknik dan prosedur guna mencapai tujuan  tersebut.  Perencanaan  dikatakan  efektif  jika  tujuan   yang  telah  dirumuskan  dapat dicapai  sepenuhnya.
Secera   luas   pengertian   pasar   sebuah  perusahan   penghasil   barang   atau   jasa  tertentu   dapat   mempunyai   skala   yang    sangat   besar   dan   jumlah   pesaingnya   sedikit  sehingga  mampu  mempengaruhi  pasar  barang  atau  jasa  tersebut.  Sebuah  perusahaan  dapat  pula  mempunyai  skala  yang  kecil  dan  besarnya  skala  kegiatan  baerbagai  perusahaan  disuatu  Negara  tertentu  dapat   dikatakan  sebagai  stuktur  pasar.  Didalam  perencanan  terdapat  berbagai  analisa  lingkungan  yaitu  lingkungan  eksternaldan  lingkungan internal
Lingkungan eksternal yang tidak dapat dikendalikan oleh wirausahawan yang meliputi faktor:
Kondisi perekonomian negara dan didunia, kebudayaan, teknologi, permintaan produk, permasalahan hukum, persaingan bisnis, pasokan bahan baku dan lain-lain
Lingkungan Internal
Lingkungan yang dapat dikendalikan oleh wirausahawan yang meliputi faktor :
Sumber daya keuangan, manajemen, pemasok/supplier, serta sasaran dan tujuan organisasi

B. Stuktur  Pasar
Sturtuktur  pasar adalah  berbagai  yang  dapat  mempengaruhi  tingkah  laku  dan  kinerja   perusahaan  dalam  pasar,  antara  lain  jumlah  perusahaan  dalam  pasar,skala  produksi,dan  jenis  produksi ,dan  jenis  produksi,suatu   pasar   dikatakan  kompetitif  jika  perusahaan   tersebut  mempunyai   kemampuan  untuk   mempengaruhi  harga   dan  jumlah  barang  dipasar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar