Minggu, 10 Juni 2012

Resensi Buku Sejarah Islam


PENDAHULUAN
Segala  puji  bagi  Allah   Tuhan   Semesta   alam.   Shalawat   dalam   salam   semoga   terlimpahkan   kepada    Rasullah  penghulu   para  Nabi   dan   Rasul,Nabi  kita   Muhammad   saw.   Berserta   para   keluarga   dan   sahabatnya   semua.
Amma  ba’du    ini  merupakan   upaya sederhana   yang   saya   lakukan   untuk   menghimpun   dan   menyusum   sebuah   Resensi  buku    dengan   harapan   bisa   memberikan   manfaat   yang   besar.   Saya   berdoa   semoga   pekerjaan   ini   menjadi   sebuah   amal   saleh   yang   murni   demi   Allah   Yang  Maha   Pemurah.
Apa   yang   saya  tulis   tak   lebih   dari   ringkasan  singkat   tentang  sejarah  Islam  yang   demikian  penuh   pesona   sejak  zaman   Nabi   Adam   a.s  disertai   dengan   perjalanan  hidup  para   nabi   yang   mulia.   Kemudiaan   dilanjutkan   dengan   era   sejarah   Islam  secara   bertururutan   hingga  masa   kita   sekarang  (  1420  H/2000M).
Saya   tidak   ingin   mengatakan  bahwa   dengan   karya   yang   sederhana   ini   saya   telah    mampu   menutupi   semua   kebutuhan   tentang   sejarah   Islam,  atau   bisa   memenuhi   semua   hal   yang   berhubungan   dengannya    dengan   sempurna.   Masalah   penulisan   sejarah   Islam   merupakan   pekerjaan   besar  yang   membutuhkan   sebuah   usaha   raksasa   dan   membutuhkan  sebuah   usaha    raksasa   dan   membutuhkan   banyak   pakar   untuk   melakukannya.   Sedangkan,   apa   yang   saya   lakukan   ini  tak   lebih  dari   usaha   sederhana   yang   saya  upayakan   sesuai   dengan   kadar    kemampuan   saya.   Saya   selalu   menjadi   bahan   yang   demikian    berharga.
Penyusun




BAB KE-1
Awal  Penciptaan
A.                Definisi  Umat  Islam
Umat   islam  adalah  kelompok  yang  di ikat  oleh  akidah  islam  sepanjang  sejarah.  Maka,siapa pun  yang  mengikuti  nabi  mereka  sejak  zaman  Nabi  Adam a.s.  hingga  Nabi  Muhammad  SAW. Atau  siapa  saja  yang   akan  senantiasa   berjalan  diatas  hidayah   dan  petunjuknya  hingga  akhir  kiamat  dan  beriman   dengan  Tuhannya,maka  mereka  adalah  akidah   dan  beriman  kepada  Tuhannya.
B.                 Mahluk  Pertama  (Adam  A.S)
Adam  adalah  bapak  semua  manusia  dan  mahluk   pertama  yang   Allah  ciptakan  dari  kalangan  manusia.  Dia  adalah   Nabi  Allah   yang  pertama.  Hikmah  Allah  telah   menginginkan  untuk  menjadikan   seorang  khalifah  di  muka  bumi  ini  dan   senantiasa   menyedikan  semua  sumber  daya   dan  potensinya   untuk  khalifah   di  muka  bumi  ini.
C.                 Qabil   Dan  Habil  ( Kriminal  Pertama  Yang  Terjadi  Di  Muka  Bumi)
Qabil  dan  Habil  adalah  dua  anak   pertama  Nabi  Adam.  Syriat  Allah  kala  itu  mengharuskan   seorang  anak   tidak  boleh   kawin  dengan  saudara  kembarnya.  Hawa  selalu  melahirkan  anak  kembar  laki-laki  dan  wanita.  Qabil  menginginkan  dia  kawin  dengan   saudra  kembarnya  yang  secara  hokum  adalah  menjadi  hak  saudranya.  Maka,  Habil  menolaknya.
D.                Syits   Bin  Adam
Setelah peritiwa   pembunuhan  itu,Allah  mengaruniakan  Syits  kepada  Adam.  Dia  adalah salah   seorang  anak  Adam  dan  sekaligus   sebagai  seorang   Nabi   yang  terus   melanjutkan   dakwah   dijalan  Allah  di  muka  bumi.
Kemudian  Adam  meninggal   dan  terjadi   perbedaan  pendapat   tentang   umurnya   saat  meninggal  dunia.   Sedangkan  pendapat   yang   paling  benar  adalah   yang  mengatakan  bahwa   umur  Adam   antara   950  hingga  1.000  tahun.

E.     Idris  A.S
Nabi  Idria  terus  menegakkan  syariat  Allah  hingga  dia   dipanggil   Allah.  Dia  adalah  manusia   pertama  yang  di  turuni   wahyu   melalui   malaikat  Jibril.  Ibnu  Isqak   menyebutkan  bahwa  dia  adalah  orang   pertama  menulis   dengan   pena,dan  manusia   pertama  yang   menjahit   baju  dan   memakinya.
F.                 Migrasi   Umat   Manusia
Manusia   semakin   banyak   di  Jazirah   Arabia   ( kemungkinan  besarnya   adalah  di  Hijah).  Maka,mereka  pun  mulia  melakukan  migrasi   dari   tempat  itu.  Sedangkan,migrasi   tersebut  menuju  pada   wilayah-wilayah  berikut  ini.
1.       Timur   laut.  Mereka  berdiam  di  Irak  kemudian  beberapa  kelompok  diantara  mereka   melanjutkan   perjalanannya  hingga  mencapi  Asia   dan   Amerika.
2.       Utara  menuju  Syam.  Kemudian   beberapa   rombongan   dari  mereka   melanjutakan   pengembaranya  kelaut  tengah.
3.        Selata  ke  wilayah  Yaman.  Dari  sini  beberapa   rombongan   melanjutkan   perjalanannya   ke  Afrika  dan  India.
G.                Peradaban   Pertama      
Peradaban  Fir’aun  dan  Sumeria  adalah  dua   peradaban  paling   awal   yang  ada  dalam  sejarah  manusia.








BAB II
PEMERINTAHAN BANI  UMAWIYAH
( 41-132  H /661/749M)

Ø  Sejarah  Bani  Umawiyah
A.Mengenal  Bani  Umayyah          
Pemerintahan   Bani  Umawiyah  dinisbatkan  kepada  Umayyah  bin  Abd  Syams  Manaf.  Dia  adalah   salah  seorang   tokoh   penting  ditengah  Quraisy  pada  masa  jahiliah. Dia  dan  pamannya  Hasyim  bin  Abdu  Manaf  selalu  bertarung   dalam  mempeebutkan   kekuasaan  dan  kedudukan.
Setelah  islam  datang,pertarungan  menduduki   kekuasaan  ini  menjelma  menjadi  sebuah  permusuhan  yang  transparan   dan  terbuka.  Bani  Umayyah  melakukan  perlawanan  terhadap  Rasulullah  dan  dakwahnya.  Sedangkan,Bani  Hasyiam   mendukung  Rasulullah  mendukung   Rasulullah   dan  mengikutinya.  Bani  Umayyah   tidak  masuk  islam  kecuali   setelah  tidak  ada  jalan  lain  kecuali   mereka  harus  masuk  islam.  Ini  terjadi   setelah   penaklukan   kota  Mekah.
B.Distrosi  Sejarah  Bani  Umayyah
Sejarah  Bani  Umayyah  mengalami  banyak  distrosi   yang  dilakukan  oleh  pemerintahan  Bani  Abbas,musuh  politik  Bani  Umayyah,dimana  sejarah  islam  mulai  ditulis  sejak   masa  pemerintahan  mereka.  Sehingga,pemerintahan  Bani  Umayyah  harus  mengalami  banyak  tuduhan   dan  tundingan  dalam  berbagai  bentuknya.
1.      Perhatian pada  sisi  sejarah   yang  merendahkan  posisi  dan  kapabilitas  mereka.  Mereka  yang  menuduh   lupa  peran  Bani  Umayyah  setelah  mereka   masuk  islam,seperti  peran  mereka   dalam  penaklukan-penaklukan  sebagai  wilayah  dan  negeri.
1.                  Mereka  banyak  menonjolkan  tragedi  yang  terjadi  pada  masa  pemerintahan  Bani  Umawiyah. Misalnya  tragedi  tragis  di  Kabela  yang  di  tandai  dengan  terbunuhnya  Husein  dan  sanak  keluarganya,peristiwa  Hurrah,dihalalkannya  kehormatan  Madinah   al-Munnawarah,perlemparan   mekah  dan  Kabah  dengan  manjanik.
2.                  Memfokuskan  pandangannya  hanya  pada  kelemahan  sisi  manusiawi  di  antara  mereka   dan  meninggalkan  semua  sisi  yang  baik.
3.                  Ditebarkannya  isu-isu  beracun  terhadap  sebagian  khalifah  seperti  Yszid  bin  Mu’awiyah  dan  Walid  bin  Yazid.

C.Keutamaan  Bani  Umayyah  yang   dilupakan  sebagian  Sejarawan
1)      Muawiyah  adalah   seorang  sahabat  yang  mulia  walaupun  dia  melakukan  sebuah  ijtihad  politik  dalam  melakukan  perlawanan  kepada   khalifah   Ali  bin  Abi   Thalib   dan  ternyata  ijtihad   yang  dia  lakukan  tidak  benar.
Marwan  bin  Hakam  adalah lapis   pertama  dari  kalangan   tabin.  Dia  banyak  meriwayatkan   hadist  dari  sejumlah   sahabat,seperti   Umar  ibnul-Khaththab,Usman  bin  Haffan  dan  yang  lainnya.  Abdul  malik  adalah   sosok  seorang  yang  berilmu  luas  ,ahli  fikih,dan  termasuk  seorang  ulama  Madinah  sebelum  dia  diangkat   sebagai  khalifah.  Umar  bin   Abdul  Aziz  adalah  salah  seorang  iman  dalam  masalah-masalah  ijtihad   dan  dianggap  sebagai  khalifah   rasyidin  kelima.
2)      Bani  Ummayyah   selalu  menghormati   kalangan  berilmu   dan  orang-orang   yang  memiliki  sifat-sifat  utama.
3)      Ditangan  mereka   banyak  negeri  yang   ditaklukan   hingga  sampai  kewilayah  China  disebelah  Timur,negeri-negeri  di  Andalusia  (Spanyol) dan  Selatan   Perancis  di  sebelah  barat.  Pada  masanya   pemerintahan  islam  mencapai  wilayah  yang  sangat  luas  sepanjang  sejarah  islam.
4)      Masa  pemerintaha  mereka  memiliki  keistimewaan  dengan  memproduksikan  tanah-tanah  mati,pembangunan  berbagai  kota,dan  pembangunan  yang  megah.
D.Pemerintahan Umawiyah(41-132/661-749M)
Pemerintahan  ini  berdiri  setelah  khalifah   rasyidah  yang  ditandai  dengan  terbunuhnya  Ali  bin  Thalib  pada  tahun  40H/661  M.  Pemerintahan  mereka  dihitung   sejak  Hasan   bin  Ali  menyerahkan  kekuasaan  pada  Muawiyah  bin   Abi  Sufiyan  pada  tanggal  25  Rabiul  Awwal  41  H/661M.
Pemerintahan  ini  berakhir   dengan  kekalahan   khalifah   Marwan  bin  Muhammad  di  perang   Zab  pada  bulan  Jumadil   Ula  tahun  132H/749M.





















BAB  III
PEMERINTAHAN  BANI  ABBSIYAH
(132-656H/749-1200M)
Ø    Berdirinya  Pemerintahan  Abbasiyah
A.Nasab  Bani  Abbasi
Pemerintahan  Bani  Abbasiyah  dinisbatkan  kepada  al-Abbas,paman  Rasullah  saw.  Khalifah  pertama  dari  pemerintahan   ini  ada  Abdullah   (as-Saffah)  bin  Muhammad  bin  Ali  bin  Abdul  Mutthlib.  Berdirinya  pemerintahan   ini  dianggap  sebagai  kemenangan  pemekiran  yang  pernah  dikumandangkan  oleh   Bani  Hasyim ( Alawiyun)  setelah   meninggalnya  Rasulullah  dengan   mengatakan  bahwa  yang  berhak   untuk  berkuasa  adalah   keturunan  Rasullah  dan  anak-anaknya.
B.Awal  Seruan  Untuk   Pendirian   Pemerintahan  Abbasiyah
Kelompok   (sekte)  Kaisaniyah   (Syiah  Rafidhah)  mengatakan  bahwa  immah  berada  ditangan   Muhammad   bin  Abi  Thalib  (Ibnul  Hanafiyah).  Kemudian  mereka  menyerukan  bahawa  setelah   itu  imamah  adalah  milik  sah  Abdu   Hasyim  yang  dengan   keras   mengkritik   pemerintahan  Umawiyah.  Sebelum   meninggal  dia   meminta   kepada  anak  pamannya  Muhammad  bin  Ali  Abdullah   ibnul-Abbas  yang  bermukim   di  Hammiyah  Yordania  untuk  merebut   kekuasan  Bani  Umayyah  dan   menyerahkannya   untuk  ahli   Bait Rasulullah.
1.Gerakan   Rahasia(100-129H/718-746H)
Muhammad  dikenal  sebagai   sosok   yang  sangat   ambisius.  Maka,dia  pun  segera  melahirkan   pemikiran  untuk  mendirikan   pemerintahan   Abbasyiah.  Dia  mulia  gerakannya  ini  sejak   tahun  100H.  Dia  menjadikan   Hamimah   sebagai   sentral  perencanan,konsolidasi,dan  system  kerja   gerakan.
Setelah  Muhammad  meninggal,anaknya   yang  bernama  Ibrahim   menggantikannya  pada  tahun  125H/742M.  Pada  saat  itu   pemerintahan  Bani  Umawiyah  telah  mengalami   kemunduran   yang   sangat  setelah  meninggalnya  Hisyam  bin  Abdul  Malik.
2.Gerakan   dengan  Terang-terangan  serta  Penaklukan   Khurasan   dan  Irak
Pada   tahun  129H/746 H  Ibrahim   memerintahkan   kepada   salah  seorang   seorang  palinglimanya  yang   paling   terkenal   Abu  Muslim   al-Khursani (salah  seorang  panglima   militer  yang   cemerlang   dan  berbahaya   serta   ceridik)  untuk   mendeklarasikan   gerakan   ini   di  Khurasan.  Abu   Muslim  pun  melakukan   apa   yang   diperintahkan   oleh   Ibrahim.  Namun,  Marwan   bin   Muhammad   (  khalifah   terakhir   Bani  Umayyah)  menangkap   dan  memenjarkan  Ibrahim.
Panglima   Abu  Muslim   berhasil   mengalahkan   Nashar  bin  Sayyar,Gebernur   Khrasan.   Walaupun  Nashr  bin   Sayyar   telah  berusaha  sekuat   tenaga   untuk   membendung   gerakan   Abu   Muslim   ini   dan  meminta  bantuan   kepada   Yazid  bin  Umar  bin  Umar   bin  Fuhairah   (gebernur   Marwan  di  Irak),namun  pemerintahannya   tidak  mendapatkan   respon  karena   masing-masing   disibukkan  dengan   perang   dan  konflik.   Abu  muslim   berhasil  menjadikan   khurasan   di  bawah   kekuasaannya   pada  tahun   130H/747M.  Kemudian   dia  mengambil   alih  Irak  dari   tangan  Yazid  bin  Umar  bin  Fuhairah   pada   tahun   132  H/749 M.
Yazid bin fuhariah tidak menyerah pada Bani Abbas kecuali setelah Saffah menjanjikan padanya  untuk  memberikan  rasa  aman. Namun, mereka  mengingkari  dan  menghianati  janji itu  dengan  membunuhnya. Saffah  juga  membunuh  Abu Salamah  al-Khalal  dengan  tuduhan  dia  akan  melakukan makar  untuk  menyerahkan  kekhilafahan  kepada  golongan  Alawiyin. Padahal, orang  ini  memiliki peran  yang  sangat  besar  dalam  menghancurkan  pemerintahan Umawiyah  dan  dalam  menebarkan  seruan  untuk  mendirikan  perintahan  Bani  Abbasiyah.
Kita  lihat  bagaimana  semangatnya  Bani Abbasiyah  dalam  memberikan  perlindungan  dan  penjagaan  keamanan  kepada  kekuasaan  dan  negaranya.


C. DEKLARASI  PEMERINTAHAN  ABBASIYAH
            Abdullah as-Saffah keluar dari persembunyiannya dan bersama-sama dengan pengikutnya berangkat menuju Masjid Kufah dan mendeklarasikan pemerintahannya. Dia dibaiat di masjid itu pada bulan Rabiul Awal tahun 132 H/749 M.
D. PERANG ZAB  DAN  PENGHANCURAN  PEMERINTAHAN  BANI  UMAWIYAH
            Saffah memberangkatkan pasukannya untuk memerangi Marwan bin Muhammad, khafilah khafilah terakhir Bani Umayyah yang saat itu bersama dengan tentranya berada di Zab, sebuah kawasan di dekat mosul. Marwan dikalahkan dalam perang ini dan berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain hingga akhirnya berhasil dibunuh oleh pasukan Abbasiyah pada tahun 132 H/749 M. Dengan demikaian, semua wilayah pemerintahan berada di bawah kendali Bani Abbasiyah kecuali Andalusia.
E.GAMBARAN  GLOBAL  MASA-MASA  PEMERINTAHAN  BANI  ABBASIYAH
Pemerintahan  Bani  Abbsyiyah   berdiri  pada  tahun   132  H/749M   seiring  dengan   runtuhnya   pemerintahan  Bani  Umawiyah.  Pemerintahan  Abbasiyah   runtuh   pada   tahun  856H/1258 M  setelah  orang-orang   Mongol  menghancurkan   Bagdhad  dan  membunuh  Khalifah   terakhir   Bani  Abbasiyah.   Dengan   demikian,Bani  Abbasiyah   menjadi   penguasa  selama  524  tahun  yakni   dari  tahun   132-656H.
Pemerintahan  mereka   dibagi  menjadi   dua  periode   sebagaimana   yang  banyak   diistilahkan   kalangan  sejarawan.
1)      Pemerintahan   Abbasiyah   periode  I.  Periode  ini   dimulai   sejak  tahun   132  hingga  247 H/749-861  M.   Periode   ini  merupakan    masa   kejayaan   para  khalifah   Abbasiyah.   Ada   sepuluh   penguasa   pada   periode  ini.
2)      Pemerintahan   Abbasiyah   Periode   II.  Periode  ini    dimulai   dari   tahun   247-656 H/861-1258 M.  Masa   ini    adalah   masa  lemahnya  para   khalifah   dan   lenyapnya   kekuasaan   mereka.   Masa   ini   dikuasai  oleh    kalangan   militer.   Ada   sebanyak  27  khalifah   yang   berkuasa  pada   masa  ini.


BAB  IV
Pemerintahan   Bani  Abbasiyah  Periode  I
(  132-347 H/749-861 M)
A.ABDUL  ABBAS  AS-SAFFAH  (132-136 H/749-759 M)
Dia  bernama   Abdullah  bin  Muhammad  bin  Ali  bin  Abdullah  bin  Abbas, khalifah   pertama   Bani   Abbasiyah   ayahnya  adalah   orang   yang   melakukan   gerakan  untuk   mendirikan   pemerintahan  Bani   Abbasiyah   dan   menyebarkannya  kemana-mana.   Inilah  yang   membuat   Abbudullah   banyak  mengetahui   tentang  gerakan  ini  dan   rahasia-rahasianya  dia  diangkat   oleh  saudranya  yang  bernama   Ibrahim   sebelum   dia  ditangkap   oleh   pemerintahan  Umawiyah  pada  129  H/746  M.  Tertangkapnya   Ibrahim   merebut   Abbdullah   harus   berangkat  ke  Kufah   bersama-sama  dengan  pengikutnya   secara   rahasia.
B.ABU  JA’FAR  AL-MANSHUR  (137-158 H/  753-774 M)
Dia  bernama  Abdullah  bin  Muhammad  Ali  bin  Abdullah  al-Abbas.   Dia  seorang  yang  paling  terkenal  dari  penguasa  Bani  Abbasyiah  dengan  keberanian,ambisi,dan  kecerdikannya.  Dia  dianggap   sebagai  pendiri  pemerintahan   Bani  Abbasiyah   yang  sebenarnya.
Bersama-sama  dengan  Abbdul  Abbas,dia  pindah   ke  Kufa  dan  berusaha  untuk  mendirikan   pemerintahan  Bani  Abbasiyah  paling  kuat.  Setelah  itu   dia  menjadi   gebernur   untuk   wilayah  Armenia  dan  Azarbaijan  sebelum  menjadi  khalifah.  Dia  menjadi  khalifah  setelah  saudranya  al-Abbas,sesuai   dengan  wasiatyang  diberikan  saudranya.
1)      Peristiwa-peristiwa  Penting  di  Zamannya
Al-Manshur  harus  menghadapi  pemberontakan-pemberontakan  yang  berbahaya  yang  bisa  saja   menggoncang   kursi   kedudukan   dan   mengguncang  jiwa.  Namun,dia  tidak  bergeming  dengan  semua  pemberontakan  tersebut.  Dengan  segala  kecerdikan,keuletan,kemahiran,dan  siasatnya,dia   berhasil  membabat  semua   pemberontakan  itu.  Diantra  gerakan  pemberontakan  yang  penting  adalah   sebagai  berikut  :
a)      Pemberontakan  Ali  bin  Andullah  bin  Ali.  Pamannya  menyatakan  bahwa  dirinya  adalah  orang  yang  paling  berhak  untuk  mengaku  khalifah.  Sebab,  dialah  yang  Marwan  bin  Muhammad  dan   dia  pula  yang  menjadikan  pilar-pilar  kekuasaan  Abbasiyah  menjadi  kokoh   dan  kuat.
b)     Pembunuhan  Abu  Muslim  Khurasani.  Abu   Muslim  adalah  seorang  yang  kuat  dan  cerdik.  Dia  berasal  dari  Persia  dan  merupakan  satu-satunya  orang  yang  ditati  di  Khurasan. 
c)      Pemberontakan  Muhammad  dan  Ibrahim.  Mereka  adalah  anak  dari  Abdullah  bin  Hasan  ibnul-Hasan  bin  Ali  Muhammad  melakukan  pemberontakan  di  Madinah  pada  tahun  145 H  / 762 M.  Al-Mansur  segera  mengirimkan  pasukan  untuk  membarangusnya.
d)     Khawari.  Mereka  bergerak  kembali  pada  masa  pemerintahan  al-Mansyur  dan  secara  khusus  diwilayah-wilayah  Maghrib.  Disana  orang-orang  Khawarij  mendirikan  sebuah  negeri  yang  bernama di  Sajalmasah  di  Maghrib  pada  tahun  140H/857 M. Al-Mansyur  segera  bergerak  untuk  memerangi  mereka.
2)      Pemerintahan  Bani  Umawiyah  di  Andalusia
Abdur  Rahman  bin  Muawiyah  bin  Hisyam  bin  Abdul  Malik  melarikan  diri  ke  Abdur   Rahman  ad-Dakhil.  Dia   mampu  mendirikan  pemerintahan  Umawiyah.  Oleh  sebab  ituulah,  dia  disebut  sebagai  Abdur  Rahman  ad-Dakhil.  Dia  mampu  mendirikan  pemerintahan  Umawiyah  ditempat  itu  setelah  melalui  sebuah  perjuangan  yang  sangat  berat.  Pemerintahan  Bani  Umawiyah  di  Andalusia –Spanyol  berdiri  pada  tahun  123 H / 755 M. Al-Manshur tidak  mampu  untuk  membunuhnya,makanya  dia  membiarkannya.
3)      Penaklukan-Penaklukan 
Setelah   kondisi dalam  negrinya  sudah  stabil,maka  al  Manshur  memberangkatkan  pasukan  kenegeri Romawi  dan  membangun  basis  militer  sebagai  markas.  Basis militer  yang  berbeda  di  perbatasan  ini  dikenal  dengan  Shawif  dan  Syawati.  Tujuannya  adalah  untuk  menjaga  wilayah  perbatasan.  Al-Manshur   segera  menaklukan  negeri-negeri  yang  ingkar  janji,seprti  Thibritas,Dailam,dan  Kashrim  serta  yang  lainnya.

4)      Kerja  Besarnya
Dia  membangun  kota  Baghdad  yang  kemudian  dijadikan  sebagai  ibu  kota  pemerintahannya  pada   tahun  146 H/763 M.  Dia  juga  membangun  kota  Rafiqah  dan  memperluas  Masjidil  Haram  pada  tahun  139  H/ 756 M.  Al-Manshur  adalah  orang  yang  mengkokohkan  akar  pemerintahan  Bani  Abbasiyah,menstabilkannya,dan  membereskan  pondasi-pondasinya.
5)      Meninggalnya
Dia  meninggal  di  Mekah  pada  saat  sedang  melakukan  ibadah  haji  tahun  158  H/  774  M.  AL- Manshur  memerintah  selama  21  tahun.
C. Muhammad  Al-Mahdi (158-169 H/ 774-785 M)
Dia  bernama  Muhammad  al-Mahdi  ibnul-Manshur.  Dilantik  sebagai  Khalifah  setelah  ayahnya  dan  sesuai  dengan   wasiat  ayahnya  pada  tahun  158 H/ 774 M.  Dia  dikenal  sebagai  seorang  yang  sangat  dermawan  dan  pemurah  serta  banyak 
1.      Peristiwa-Peristiwa  di  Masa  Pemerintahannya
Kondisi   dalam   negeri  saat  itu  sangat  stabil  dan  tidak  ada  satu  gerakan  penting  dan  signifikan    di  masanya.
a)      Gerakan-Gerakan  Zindiq
 Ini  adalah  sebutan  untuk  siapa  saja  yang  menganut  agama  Manawiyah  paganistik   (yang  menyebah  nur  dan  kegelapan).  Agama  ini  adalah  agama  lama  yang  berasal  dari  Persia  dan  dinisbatkan  kepada  Mazdak.  Setelah  itu  sebutan  zidiq  dikatakan  kepada siapa  saja  yang  mulhid  atau  ahli  bid’ah.
Al-Mahdi  adalah   orang  yang  paling  keras  sikapnya  terhadap  orang-orang  zindiq  ini  dan  dalam  menjatuhkan   sanksi  kepada  mereka.  Dia  mewasiatkan  kepada  anaknya  Al-Hadi  melakukan  apa  yang  diwasiatkan   ayahnya   dengan   sangat  baik.

2.      Penaklukan-Penaklukan 
Dia  berhasil   mencapai  kemenangan-kemenangan  atas  orang-orang  Romawi.  Anaknya  Harun  ar-Rasyid  adalah   panglima  perang  dalam  penaklukan  ini.  Dia  sampai  kepantai   Marmarah  dan   berhasil   melakukan  perjanjian  damai  dengan   Kaisar   Agustine  yang  bersedia  untuk  membayar  jizyah  pada  166  H/  782  M.
3.      Meninggalnya
Dia  meninggal  pada  tahun  169  H/785 M dan  menerima  selama  10  tahun  beberapa  bulan.
D.Musa  Al-Hadi  (169-170  H/786M)
Dia  adalah  al-Hadi  bin  Muhammad  al-Hadi  yang  dilantik   sebagai  khalifah  setelah  ayahnya.  Dia  selalu  mengincar  orang-orang  zinqid  dan  melakukan   tindakannya  yang  tegas  atas  mereka   sebagaimana  yang  dilakukan  oleh  ayahnya.  Dia   berusaha  untuk  mencopot  status  putra   mahkota  dari  saudra  nya  Harun  ar-Rasyid  dan  memberikannya  kepada   anaknya   namun  tidak  berhasil.
1.       Peristiwa-Peristiwa  di  Masa  Pemerintahannya
Pada  masa  itu  terjadi  pemberontakan  oleh  Husen  bin  Ali  ibnul-Husen  ibnul-Hasan  bim  Ali  di  Mekah   Madinah.  Dia  menginginkan  agar  pemerintahan  berada  di  tangannya.  Namun,al-Hadi   mampu   menaklukannya   berserta  para   pengikutnya   dalam  perang   Fakh   ( dekat  Mekah)  pada  tahun   169/785  M.  Pada  peperngan  ini   indris   bin  Abdullah  ibnul-Husen  ibnul-Hasan  melarikan  diri   ke  Magrhib  jauh   dan   mendirikan   pemerintahan   Adarisah  (dinisbatkan  kepada  Idris).
Pada  saat  yang   sama  saudranya  yang  bernama  Yahya   bin  Abdullah  melakukan  pemberontakan  di  Dailam.  Jumlah  mereka  semakin   banyak  dan   memiliki   pengaraus  yang  besar.  Maka   al-Hadi   memberangkatkan  ar-Rasyid  dengan   membawa  pasukan  Dalam  jumlah   besar  sehingga  pemberontakan   berhasil   ditaklukan.


2.      Meninggalnya
Dia  meninggal   pada  tahun  170  H/768M.  Beberpa  sumber  sejarah  menyebutkan  bahwa  ibunya   yang  bernama  Khaizuran   merencanakan   pembunuhannya.  Sebab,dia  telah   menggirkan   sang  ibu  dari   pengaruh   dan  otoritas   yang  pernah   dimainkannya  di  masa  pemerintahan   suaminya,al-Mahdi.
E.Harun  Ar-Rasyid  (170-193 H-786-808 M)
Dia  bernama  Harun  ar-Rayid  ibnul-Mahdi.  Ar –Rasyid  merupakan  mutiara  sejarah   Bani  Abbasyiah.  Dia  adalah   salah  seorang  raja  paling   agung  dalam  sejarah.  Pada  masanya  pemerintahan  islam  mengalami  pucak  kemegahan  dan   kesejateraan  yang  belum   pernah  dicapai  sebelumnya.  Pada  masa  Bani  Abbasiyah   mencapai  puncak  keemasan   dan  keagungannya  sehingga   dia  sangat   terpandang   dengan  kekuatan  dan  kemajuan  ilmu  pengetahuannya  sangat   ditakuti.
Harun  ar-Rasyid  dikenal  sebagai  sosok  yang   sangat   pemberani.  Dia  telah   melakukan  penyerbuan  dan  penaklukan  negeri  Romawi  pada  masa   pemerintahan  ayahnya  usianya   dua  puluh  tahun.  Dikenal  sebagai  sosok   yang  takwa   dan  takut  kepada  Allah  dalam  segala  perkara.  Dia  melakukan  ibadah  haji  sebanyak  sembilan  kali.   Maka,  tersebarlah   di  tengah  manusia  bahwa   dia  melakukan  haji  setahun  dan   tahun  yang  lain  dia  terjun  di  medan  perang.
1.       Peristiwa-persitiwa  Pada  Masa  Pemerntahannya
Masa  pemerintahannya   adalah   masa   yang  sangat   tenang   dan  stabil,tidak  ada   pemberontakan   yang  menonjol   dan  signifikan.  Hanya  ada  beberapa   pemberontakan   kecil  yang  tidak  berarti  apa-apa.  Diantaranya   ialah  sebagai  berikut.
2.      Pemberontakan  Yahya  bin  Abdullah,  salah  seorang   keturunan  Hasan   bin   Ali.  Dia  melakukan   pemberontakan  di  negeri  Dailam  dan  berhasil   melakukan  beberapa   wilayah   pada  tahun   176  H/  792  M.  Ar-Rasyid   berhasil   menghancurkannya  pada  tahun  180  H/796  M.
3.      Kaum  Khawarij.  Terjadi  sebuah  gelombang   besar  gerakan  kaum  Kharij   pada  masa  pemerintahan   Harun   ar-Rasyid.  Gerakan   pemberontakan   ini  di  pimpin   oleh  seorang   laki-laki  yang  memiliki  sebuah  kekuatan.   Dia   bernama   Walid   bin  Tharib  asy-Syari.  Pemberontakannya  muncul   pada  tahun  178  H/794  M  di  Jajirah   Arab.   Pasukan  Harun  berhasil  menaklukannya  setelah  mulai   upaya  yang  hebat.
4.      Orang-orang  zidiq.  Mereka  berhasil  menguasai   Jurjan  dan  hidup  di  tempat  itu    dengan  melakukan   kerusakan-kerusakan.  Pemberontakannya  ini  juga  berhasil  dipatahkan  pada   tahun   181  H/797  M.
5.      Trageri  Baramikah.  Mereka  berasal   Persia   Majusi.  Mereka  mempunyai   pengaruh   yang   sangat   besar    dan  kekuasan   yang  luas   pada   masa  pemerintahan  Harun  ar-Rasyid   di  mana   mereka  sempat   menjadi  gebernur   dan  sumber-sumber  kekuatannya.   Setelah   itu  Harun  menghancurkannya  dan  memusnahkan   eksitensi   mereka   pada   tahun    187  H/802  M  dengan  sebab-sebab   yang   sebenarnya   tidak  jelas.   Para   sejarawan   berbeda  pendapat   tentang   sebab-sebab   dihancurkannya  mereka  itu.
6.      Pemberontakan   di   Khurasan.   Terjadi   sebuah  pemberontakan  yang  sangat   sengit   di  Khurasan  yang  dipimpin   oleh   Rafi’bin  Laits   bin   Nashr   bin  Sayyr.  Pemberontakan   ini   muncul  akibat   pemerintahan  yang   represif   dan   kejam   di  Khurasan.  Maka,  ar-Rasyid  memecat  gebernurnya   di  Khurasan.  Namun,pemberontakan   ini  masih   saja   berkelanjut  dan  Rafi’terus   berkuasa.  Sehingga,akhirnya   dia   menyerah   pada  masa  pemeritahan   al-Makmum.
1.      .Penaklukan-   Penaklukan  pada  Masa   Pemerintahannya
Penaklukan   Hearclee.  Peperangan   di  negeri   Romawi   terus  berkelanjut   dan  tidak  pernah   terputus.  Bahkan,  tak   jarang   Harun  ar-Rasyid   memimpin   langsung   pertempuran.  Pada   tahun  187  H/802  M, orang-orang   Romawi   mengingkari  janji   tatkala   yang   berkuasa   atas   mereka   adalah  Naqfur  ( dalam   bahasa   Inggris   disebut   dengan   Nicephorus   I[802-811  M],pen)  yang  menulis   surat   Harun,”  Dari  Nicephorus   Raja  Romawi   kepada   Harun   Raja   Arab.
Harun   segera  berangkat   dengan  pasukan   yang  sangat   besar   dan   mewajibkan  bagi   musuhnya   untuk   membayar   jihyah.  Harun   berhasil   memasuki  kota  Heraclee  dan  menguasainya.   Dia  juga  berhasil   merampas   harta  rampasan   perang   dalam  jumlah   yang  sangat   besar.
2.      Meninggalnya 
Sebelum   meninggal   dia   mewariskan   kekuasan  kepada  kedua  anaknya, al-Amien   dan  al-Makmun.   Ini  menjadi   fitnah   yang  bertiup  kencang   yang  terjadi  antara   dua  saudara   ini   setelah   kematiannya.   Harun   meninggal   pada   tahun   193 H/  808  M.  Dia  memerintah   selama  23  tahun.
F.Muhammad  Al-Amien  ( 193-198 H/808-813M)
Dia  bernama  Muhammad  al-Amien  bin  Harun  ar-Rasyid.  Ibunya  bernama  Zubaidah  binti  Ja’far  ibnul-Mansyur.  Tidak  ada  seorang  pun   dari  khalifah  Bani  Abbasiyah  di  mana  ayah   dan  ibunya  berasal   dari  Bani  Hasyim  kecuali  dia  sendiri.
Ayahnya  telah  membiatnya  sebagai  khalifah,lalu   untuk  saudranya  al-Makmum,kemudian  untuk  Qasim.  Dia  diberi  kekuasaan  di  Irak,sedangkan  al-Makmun  di  Khurasan.
Pada  tahun  195  H/ 810 M,al-Amien  mengirimkan  dua  pasukan  untuk  mengiringi  saudranya.  Namun,kedua  pasukan  ini  berhasil  dihancurkan  oleh  Thahir  bin  Husein,  panglima  perang   al-Makmun.  Setahun   setelahnya  kembali  mereka  mengalami  kekalahan  yang  sangat  telak.
Setelah  itu  Thahir  berangkat  ke  Baghdad  dan   mengepungnya  dengan  pengepungan  yang  sangat  ketat.  Maka,pengikut   al-Amien   segera  menyingkir   dari  sisinya   dan  bertambah   banyaklah  al-Makmun.
Pasukan  al-Makmun  masuk  ke  Bagdhad  pada  tahun  198 H/813 M.  Maka,terjadilah  perang  sengit   antara   kedua  pasukan.  Pasukan  al-Amien  kalah  dalam  peperangan  ini.  Sedangkan,al-Amien  melarikan  diri   yang   kemudian  dibunuh  pada  tahun   198 H/ 813 M.
Al-Amien  sendiri     adalah  seorang   yang  dikenal   suka  berburu   dan  suka  berfoya-foya  serta   banyak  melalaikan  urusan  Negara.  Buku-buku  sejarah   banyak   menulis  bahwa  dia  adalah  seorang  yang  boros,suka  hura-hura,dan  suka   maksiat.
G.Abdullah   Al-Makmun  (198-218 H/813-833 M)
Dia  bernama  Abdullah  al-Makmun  bin  Harun ar-Rasyid. Harun ar-Rasyid  telah membaiat  kedua  anaknya  yang  bernama al-Amien baru  kemudian al-Makmun. Namun,  al-Amien  memecat  saudaranya  dari  posisinya  sebagaimana  kita  sebutkan  sebelum  ini. Setelah melalui  pertarungan  berdarah  dan  melalui  tipu  daya  menteri  yang  bernama  al-Fadhl bin Sahl, al-Makmun  berhasil  menaklukannya  dan  berhasil  memegang  pucuk  khailafah  pada tahun  198 H/812 M.
1.      Peritiwa-Peristiwa Penting pada Masa Pemerintahannya
Pertama, pemberontakan  Baghdad  dan  penunjukan  Ibrahi  al-Mahdi  sebagai khalifah, Dia  mengangkat  Ali bin  Musa ar-Ridha  (salah seorang cucu Husein)  berkat  pendekatan  yang  dilakukan  oleh  al-Fadhl  bin  Sahl  seorang  penganut Syiah  Rafidah. Keputusan  ini  membuat  penduduk  Baghdad  Barat  menurunkan  al-Makmun  dari  kekuasaannya  dan  membaiat  pamannya  yang  bernama  Ibrahim pada tahun  210 H/816 M.
Maka, datanglah Makmun dari Marw, tempat yang dia pilih untuk tempat tinggalnya sejak menjadi khalifah. Kedatangannya membuat pamannya melarikan diri. Ali Ridha juga meninggal sehingga pemerintahan sepenuhnnya berada di tangan al-Makmun pada tahun 202 H.
Kedua, al-Khurramiyah. Ini merupakan salah satu mazhab kaum zindiq dan sebagai kelanjutan dari pemikiran Mazdakisme di Iran. Nama ini dinisbatkan kepada sebuah kota di Persia yang bernama Khurramah. Khurramiyah ini menghalalkan semua yang haram.
Diantara  pemimpin  mereka  yang  paling  terkenal  adalah  Babik al-Khurram.Dia mempopulerkan  akidah  reinkarnasi  dan  adanya  dua  tuhan “cahaya  dan kegelapan”.
Gerakan  keagamaan  ini  muncul  pada  tahun  210 H/ 816 M. Dia  berhasil  menguasai Hamadan  dan  Asfahan. Al-Makmun  secara  gencar  terus  memerangi  mereka sepanjang  masa  pemerintahannya. Pengaruh  mereka  kian  besar. Bahkan,  hingga meninggalnya,  al-Makmun  belum  berhasil  menaklukan  gerakan  ini.
Ketiga, fitnah  bahwa  Al-Qur’an  adalah  makhluk. Ini  terjadi  pada  masa pemerintahan al-Makmun  pada  tahun  218 H/833  M. Fitnah  ini terjadi  karena  munculnya  pendapat yang  mengatakan  bahwa  Al-Qur’an  itu  adalah  makhluk  dan  bukan  wahyu    yang diturunkan.
 Al-Makmun   sendiri  meyakini  pendapat  ini  adalah  benar.  Pendapat yang  sebenarnya  dilahirkan  oleh  orang-orang  Muktazilah.
Akibatnya,  sejumlah   ulama  harus  menghadapi  penyiksaan  akibat  menentang pendapat   ini.  Salah  seorang  ulama  yang  harus  menerima  siksaan  adalah  Imam Ahmad  bin  Hanbal. Maka,  keyakinan  yang  rusak  ini  terus  saja  hidup  kecuali setelah zaman  al-Mutawakkil  yang  berhasil  mengembalikan  pendapat  Ahli  Sunnah.
2.      Penaklukan-Penaklukan pada Masa Pemerintahannya   
Penaklukan  pada  masanya  sangatlah  terbatas  dimasa-masa  pemerintahan  Bani Abbasiyah.  Penaklukan  yang  sebenarnya  telah  terhenti  sejak  akhir  pemerintahan  Bani  Umawiyah. Dia   hanya  mampu  menaklukan  Laz, sebuah  tempat  di  Dailam, pada tahun 202 H/817 M. Sebagaimana  penaklukan  juga  terjadi  di  Nawbah  dan Bujat. Al-Makmun  adalah  orang pertama  yang  mendatangkan  pasukan  dari  Turki.
3.      Sistem  Putra  Mahkota
Jasa besar yang mungkin bisa kita catat dari al-Makmun adalah dia merupakan Khalifah Abbasiyah  pertama  yang  bisa  mengambil   pelajaran  dari  peristiwa-peristiwa  sejarah.        Dia melihat bahwa  pemerintahan  (khalifah)  bukanlah  miliknya  secara  khusus  yang  kemudian  harus diwariskan  kepada  anak-anaknya. Pemerintahan  dalam  pandangannya.Bertujuan  untuk kemaslahatan  umum. Karenanya  harus  diperhatikan  kebaikan  dan  kemaslahatan  manusia.
    Dia  tidak  menjadikan  anaknya, al-Abbas,  untuk  menggantikan  dirinya. Padahal,  anaknya  ini dikenal  sebagai  salah  seorang  panglima  perang  yang  sangat  terkenal. Dia   malah mengangkat  saudaranya,  al-Mu’tashim. Karena,  dia  melihat  bahwa  al-Mu’tashim  lebih  memliki  banyak  kelebihan  dari  anaknya  sendiri  baik  dari  sisi keberanian  maupun  kapabilitas.Al-Makmun  meninggal  pada  tahun  218 H/833 M  setelah  berkuasa  selama  20 tahun.


1.      Peristiwa-Perstiwa  Penting  di  Zamannya
Gerak  babik  al-Khurrami.   Gerakan  ini  telah   telah  diperangi   berkali-kali  hingga  akhirnya   gerakan  ini  bisa   di  tumpas  pada  tahun  223  H/837  M.  Kemenangan  atas  Babik   ini   merupakan   sebuah  kemenangan   paling  spektakuler   yang  di  saksikan  kaum  muslimin.   Sebab  ini  merupakan  akhir  dari  gerakan   tersebut.
2.      Penaklukan  Pada  Masa  Pemerintahannya
Penaklukan  Amuriyah.  Kaisar  Romawi   dengan  disertai   oleh  orang-orang  Khurrami  memasuki  Zabtharan  dan  Malathiyah.  Mereka  memelakukan  perbuatan  yang  melmpaui   batas  kesopanan.
Maka,al-Mu’tashim  segera  memenuhi  panggilan  ini  dan  segera  berangkat  menuju  kota Romawi yang  paling  kuat  yakni   Amuriyah. Dia  berhasil  memasuki  kota  itu  pada  tahun  223 H/837 M. setelah  melalui  peperangan  yang  demikian  sengit.
Peristiwa  ini  diabadikan  oleh  Abu  Tamam  dalam  sebuah  syairnya  yang  sangat  terkenal  dengan permulaan   sebagai   berikut.
               “Pedang  itu  lebih  jujur  dari  buku-buku
Dalam  ketajamannya  sama  saja  antara  serius  dan  main-main
Wahai  peristiwa  Amuriyah  kini  telah  sirna
Darimu cita yang dihiasi dengan susu-susu bermadu.”
Kemudian Abu Ishaq al-Mu’tashim meninggal pada tahun 227 H/833 M setelah memerintah selama Sembilan tahun.




BAB  V
Pemerintahaan   Bani   Abbasiyah 
Periode   Kedua  (  274-656  H/  861-1258  M)
        Periode   ini    berlangsung   dari   tahun    247   hingga   656   H   atau   861   hingga   1258M.    Dengan    kata  lain,  periode    ini   berlangsung   lebih  dari  400  tahun.
A.PERISTIWA-PERISTIWA   PENTING   PADA   MASA  PEMERINTAHAN   ABBASIYAH   PERIODE  KEDUA
1.Dominasi   Orang-orang   Turki
      Dari   tahun   247-334  H/861-945 M   adalah   masa  di   mana    orang-orang   militer   Turki    memegang   kendali   atas   khalifah-khalifah   yang   lemah.   Merkalah   yang   memilih   khalifah   dan  mereka   pula    yamg   memecatnya.  
      Al-Mu’tashim   mendatangkan   mereka   dari   negara-negara   yang   berada   di   Asia   Tengah.   Awalnya   dia   memberi   wewenang   untuk   menjaga   keamanan   dan   keselamatan   individu-individu.  Al-Mu’tashim   mengangkat   salah   seorang   di  antara   mereka   untuk   menjadi   pengawalnya   khusus   untuknya.








Penutup
Sesungguhnya   upaya   kondifikasi   sejarah   umat   Islam   telah   mengalami   distorisi,   baik   pada   masa   lalu   maupun    sekarang.   Telah   lama   kita   mengharapkan   tulisan   tentang    sejarah   Islam   dalam   bentuk   yang   bersih    dari    penyimpangan    Buku   ini   adalah   upaya    sederhana   saya    untuh    mengumpulkan    sejarah   kita   yang   tercerai-berai,terpecah   belah,  dan    terserak   dalam   sebuah   buku   yang   sederhana   dan   lengkap.
Dalam   rasensi    buku   ini   saya   membicarakan    tentang   sejarah    masa   lampau,   yaitu   sejak   Allah    swt   menciptakan   Adam   a.s   dan   menurunkannya   ke   dunia   untuk   menjadi    benih   pertama   bagi   umat   manusia.   Lalu,  terlanjut   dengan   para   Nabiyullah   yang   mulia.   Kemudian   sejarah   kehidupan    Rassullah   Saw  yang    harum.    Dilanjutkan   dengan    sejarah   kebangitan   dan   keruntuhan   umat   Islam   dalam   berbagai   periode  sampai   dengan   masa  kita   sekarangini   dan   dunia   Islam   kompemporer.
Saya   juga   membicarakan    tentang   kondisi   dunia   Islam    saat  ini,   permasalahan    dan   deritanya.   Juga  dibicarakan    tentang   negara-negara   Islam   (   semua   Negara,   dalam   bahasan  terbatas),   dengan   menyebutkan   catatan   geografisnya   yang    sederhana    tentang    negara-negara    tersebut   dan  bagaimana   cara   masuknya   Islam   ke  sana, serta  sejarah   modern   negara  itu.
Dan   terakhir, saya    membicarakan   tentang    minoritas   muslim  di   dunia  dalam  bentuk   yang   ringkas,   suka   dan   dukanya  serta    sejarah  apa   kewajiban    kita   terhadapnya.
Saya   mengucapkan   terima kasih   kepada    semua   pihak   yang   telah   memberikan   petunjuk   dan  keterangan,   serta   menunjukan   kekurangan   dan   kesalahan   dalam resensi  buku   ini.   Akhirnya,   saya   bermohon   kepada   Allah   SWT   agar    menerima   pekerjaan   ini,   dan   menjadikanya   sebagai   pemberat   timbangan   amal   di   hari   kiamat.



Refensi
1.Al-Qur’anul-Karim
2.Al-Mu’jam  al-Mufahras   al-Hadist   An-nabawi,   oleh   para   Orientarilis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar