Minggu, 03 Juni 2012

SAP Kewirausahan


SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)

NAMA MATA KULIAH                  : KEWIRAUSAHAAN DAN MANAJEMEN BISNIS 
KODE/ SKS                                       : .................
WAKTU PERTEMUAN                   : 6 x 50 menit
PERTEMUAN KE                             : 1 – 2

A.        TUJUAN
1.      TIU                                        : Mahasiswa dapat memahami konsep program Achievement Motivation Training untuk
  Menumbuhkan Jiwa Interpreneurship
2.      TIK                                        : Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu :
a.   Mengetahui arti entreprenuership
b.  Mengetahui konsep Achievement Motivation Training (AMT)
c.   Mengetahui konsep pengenalan kompetensi diri
d.  Memahami konsep optimalisasi menumbuhkan jiwa wirarusaha 

B.     POKOK BAHASAN                   : Program Achievement Motivation Training untuk Menumbuhkan Jiwa Interpreneurship
C.        SUB POKOK BAHASAN        :  a. Entreprenuership
b.  Achievement Motivation Training (AMT)
c.  Pengenalan Kompetensi Diri
d. Optimalisasi Menumbuhkan Jiwa Wirarusaha

D.        KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajar
Kegiatan Mahasiswa
Media/ Alat Pengajaran
1
2
3
4
Pendahuluan
Uraian/ penjelasan perkuliahan
Mendengarkan
Diskusi
OHP
LCD
Penyajian
Menjelaskan :
a.    Entreprenuership
b.      Achievement Motivation Training (AMT)
c.      Pengenalan Kompetensi Diri
d.     Optimalisasi Menumbuhkan Jiwa Wirarusaha
Mendengarkan
Diskusi
Mencatat
OHP
LCD
Penutup
Tanya jawab komprehensif
Diskusi
OHP
LCD



E.     EVALUASI                     : Post Test
F.      REFERENSI                    :
1.      Departemen Perindustrian RI. 1976. Pedoman Pelatihan Training of Trainer Achievement Motivation (AMT).
2.      Tarsis Tarmudji. 1996. Prinsip-prinsip Berwirausaha. Yogyakarta : Liberty.
3.      Geoffrey G. Meredith et al. 1996. Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis   Teori dan Praktek. Jakarta : PT Pustaka Binaman Pressindo.
4.      Departemen Perindustrian dan Perdagangan RI. 2003. Pedoman dan Konsep Metode Training Trainer Competency Based Economies Through Formation of Entrepreneur (CEFE).























SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)

NAMA MATA KULIAH                  : KEWIRAUSAHAAN DAN MANAJEMEN BISNIS 
KODE/ SKS                                       : .................
WAKTU PERTEMUAN                   : 9 x 50 menit
PERTEMUAN KE                             : 3 – 5

A.    TUJUAN 
2.      TIU                                        : Mahasiswa dapat memahami Gagasan Usaha dan Proses Mendirikan Usaha
3.      TIK                                        : Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu :
a.    Mengetahui Ruang Lingkup Perusahaan
b.   Mengetahui Strategi Mendirikan Perusahaan      

B.     POKOK BAHASAN                   : Program Achievement Motivation Training untuk Menumbuhkan Jiwa Interpreneurship
C.     SUB POKOK BAHASAN          :  a. Ruang Lingkup Perusahaan
b.  Stratagi Mendirikan Perusahaan

D.    KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajar
Kegiatan Mahasiswa
Media/ Alat Pengajaran
1
2
3
4
Pendahuluan
Uraian/ penjelasan perkuliahan
Mendengarkan
Diskusi
OHP
LCD
Penyajian
Menjelaskan :
a.     Ruang Lingkup Perusahaan
b.    Strategi Mendirikan Perusahaan   
Mendengarkan
Diskusi
Mencatat
OHP
LCD
Penutup
Tanya jawab komprehensif
Diskusi
OHP
LCD


G.    EVALUASI                     : Post Test

H.    REFERENSI                    :
1.      Departemen Perindustrian RI. 1976. Pedoman Pelatihan Training of Trainer Achievement Motivation (AMT).
2.      Tarsis Tarmudji. 1996. Prinsip-prinsip Berwirausaha. Yogyakarta : Liberty.
3.      Geoffrey G. Meredith et al. 1996. Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis   Teori dan Praktek. Jakarta : PT Pustaka Binaman Pressindo.
4.      Departemen Perindustrian dan Perdagangan RI. 2003. Pedoman dan Konsep Metode Training Trainer Competency Based Economies Through Formation of Entrepreneur (CEFE).
































SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)

NAMA MATA KULIAH                  : KEWIRAUSAHAAN DAN MANAJEMEN BISNIS 
KODE/ SKS                                       : .................
WAKTU PERTEMUAN                   : 6 x 50 menit
PERTEMUAN KE                             :  6 –7

A.    TUJUAN 
1.      TIU                                         : Mahasiswa dapat memahami Teori Manajemen dan Organisasi
2.      TIK                                         : Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu memahami teori manajemen dan
  organisasi     

B.     POKOK BAHASAN                   : Pengantar Teori Manajemen dan Organisasi
C.     SUB POKOK BAHASAN          :  a. Teori Manajemen
   b. Teori Organisasi

D.    KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajar
Kegiatan Mahasiswa
Media/ Alat Pengajaran
1
2
3
4
Pendahuluan
Uraian/ penjelasan perkuliahan
Mendengarkan
Diskusi
OHP
LCD
Penyajian
Menjelaskan :
a.     Teori Manajemen
b.    Teori Organisasi   
Mendengarkan
Diskusi
Mencatat
OHP
LCD
Penutup
Tanya jawab komprehensif
Diskusi
OHP
LCD


E.     EVALUASI                     : Post Test

F.      REFERENSI                    :
1.      Departemen Perindustrian RI. 1976. Pedoman Pelatihan Training of Trainer Achievement Motivation (AMT).
2.      Tarsis Tarmudji. 1996. Prinsip-prinsip Berwirausaha. Yogyakarta : Liberty.
3.      Geoffrey G. Meredith et al. 1996. Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis   Teori dan Praktek. Jakarta : PT Pustaka Binaman Pressindo.
4.      Departemen Perindustrian dan Perdagangan RI. 2003. Pedoman dan Konsep Metode Training Trainer Competency Based Economies Through Formation of Entrepreneur (CEFE).

































SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)

NAMA MATA KULIAH                  : KEWIRAUSAHAAN DAN MANAJEMEN BISNIS 
KODE/ SKS                                       : .................
WAKTU PERTEMUAN                   : 6 x 50 menit
PERTEMUAN KE                             :  8 - 9

A.    TUJUAN 
1. TIU                                           : Mahasiswa dapat memahami Aspek Produksi dalam Bidang Usaha
2. TIK                                           : Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu memahami aspek produksi dalam
   bidang usaha           

B.     POKOK BAHASAN                   : Aspek Produksi dalam Bidang Jasa
C.     SUB POKOK BAHASAN          :  a. Proses Produksi
         b. Perawatan Mesin

D.    KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajar
Kegiatan Mahasiswa
Media/ Alat Pengajaran
1
2
3
4
Pendahuluan
Uraian/ penjelasan perkuliahan
Mendengarkan
Diskusi
OHP
LCD
Penyajian
Menjelaskan :
a.     Proses Produksi
b.    Perawatan Mesin   
Mendengarkan
Diskusi
Mencatat
OHP
LCD
Penutup
Tanya jawab komprehensif
Diskusi
OHP
LCD


E.     EVALUASI                     : Post Test

F.      REFERENSI                    :
1.      Philip Kotler. 1985. Management Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
2.      Aleks Nitisemito. 1985. Marketing. Ghalia Indonesia.

SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)

NAMA MATA KULIAH                  : KEWIRAUSAHAAN DAN MANAJEMEN BISNIS 
KODE/ SKS                                       : .................
WAKTU PERTEMUAN                   : 6 x 50 menit
PERTEMUAN KE                             : 10 - 11

A.    TUJUAN 
1. TIU                                           : Mahasiswa dapat memahami Aspek Pasar dan Pemasaran
2. TIK                                           : Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu memahami :
a.   Arti dan konsep perencanaan pasar
b.  Macam-macam perencanaan pasar
c.   Faktor-faktor perencanaan pemasaran
d.  Definisi pasar dan pemasaran
           
B.     POKOK BAHASAN                   : Aspek Pasar dan Pemasaran
C.     SUB POKOK BAHASAN          :  a. Pengertian perencanaan pasar
b. macam-macam perencanaan pasar
c. Faktor-faktor perencanaan pemasaran
d.Definisi pasar dan pemasaran

D.    KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajar
Kegiatan Mahasiswa
Media/ Alat Pengajaran
1
2
3
4
Pendahuluan
Uraian/ penjelasan perkuliahan
Mendengarkan
Diskusi
OHP
LCD
Penyajian
Menjelaskan :
a.       Arti dan konsep perencanaan pasar
b.      Macam-macam perencanaan pasar
c.       Faktor-faktor perencanaan
Pemasaran
d.   Definisi pasar dan pemasaran   
Mendengarkan
Diskusi
Mencatat
OHP
LCD
Penutup
Tanya jawab komprehensif
Diskusi
OHP
LCD

E.     EVALUASI                     : Post Test

F.      REFERENSI                    :
1.      Wahyosumidjo. 2000. Dasar-dasar Management. Jakarta : LAN
2.      Philip Kotler. 1985. Management Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
3.      Aleks Nitisemito. 1985. Marketing. Ghalia Indonesia.
4.      Anonim. 1983. Faktor-faktor yang Perlu Diperhatikan dalam Perencanaan Pemasaran. Jakarta : Lembaga Managemen Fakultas Ekonomi UI.


























SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)

NAMA MATA KULIAH                  : KEWIRAUSAHAAN DAN MANAJEMEN BISNIS 
KODE/ SKS                                       : .................
WAKTU PERTEMUAN                   : 6 x 50 menit
PERTEMUAN KE                             : 12 - 13

A.    TUJUAN 
1. TIU                                           : Mahasiswa dapat memahami konsep keuangan dalam bidang usaha
2. TIK                                           : Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu memahami :
b.  Konsep Keuangan
c.   Pengelolaan Keuangan
           
B.     POKOK BAHASAN                   : Aspek Keuangan dalam Bidang Usaha
C.     SUB POKOK BAHASAN          :  a. Konsep Keuangan
b.   Pengelolaan Keuangan dalam Bidang Usaha

D.    KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajar
Kegiatan Mahasiswa
Media/ Alat Pengajaran
1
2
3
4
Pendahuluan
Uraian/ penjelasan perkuliahan
Mendengarkan
Diskusi
OHP
LCD
Penyajian
Menjelaskan :
a.     Konsep Keuangan
b.    Pengelolaan Keuangan dalam Bidang Usaha   
Mendengarkan
Diskusi
Mencatat
OHP
LCD
Penutup
Tanya jawab komprehensif
Diskusi
OHP
LCD

E.     EVALUASI                     : Post Test

F.      REFERENSI                    :
1.      Wahyosumidjo. 2000. Dasar-dasar Management. Jakarta : LAN
2.      Philip Kotler. 1985. Management Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
3.      Aleks Nitisemito. 1985. Marketing. Ghalia Indonesia.
4.      Anonim. 1983. Faktor-faktor yang Perlu Diperhatikan dalam Perencanaan Pemasaran. Jakarta : Lembaga Managemen Fakultas Ekonomi UI.
































SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)

NAMA MATA KULIAH                  : KEWIRAUSAHAAN DAN MANAJEMEN BISNIS 
KODE/ SKS                                       : .................
WAKTU PERTEMUAN                   : 9 x 50 menit
PERTEMUAN KE                             : 13 - 16

A.    TUJUAN 
1. TIU                                           : Mahasiswa dapat memahami konsep perencanaan usaha
2. TIK                                           : Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu memahami :
a.        Aspek Pemasaran
b.        Aspek Produksi/ Operasi
c.        Aspek Organisasi dan Personalia
d.       Aspek Keuangan
e.        Pembiayaan Proyek
f.         Biaya Operasi dan Kebutuhan Modal Biaya
g.        Proyek Rugi Laba         
B.     POKOK BAHASAN                   : Perencanaan Usaha
C.     SUB POKOK BAHASAN          :  a.  Konsep Keuangan
b.  Aspek Produksi/ Operasi
c.    Aspek Organisasi dan Personalia
d.   Aspek Keuangan
e.     Pembiayaan Proyek
f.  Biaya Operasi dan Kebutuhan Modal Biaya
g.    Proyek Rugi Laba

D.    KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajar
Kegiatan Mahasiswa
Media/ Alat Pengajaran
1
2
3
4
Pendahuluan
Uraian/ penjelasan perkuliahan
Mendengarkan
Diskusi
OHP
LCD
Penyajian
Menjelaskan :
a.    Aspek Pemasaran
b.   Aspek Produksi/ Operasi
c.    Aspek Organisasi dan Personalia
d.   Aspek Keuangan
e.    Pembiayaan Proyek
f.    Biaya Operasi dan Kebutuhan
       Modal Biaya
g.   Proyek Rugi Laba 
Mendengarkan
Diskusi
Mencatat
OHP
LCD
Penutup
Tanya jawab komprehensif
Diskusi
OHP
LCD

E.     EVALUASI                     : Post Test

F.      REFERENSI                    :
1.      Wahyosumidjo. 2000. Dasar-dasar Management. Jakarta : LAN
2.      Philip Kotler. 1985. Management Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
3.      Aleks Nitisemito. 1985. Marketing. Ghalia Indonesia.
4.      Anonim. 1983. Faktor-faktor yang Perlu Diperhatikan dalam Perencanaan Pemasaran. Jakarta : Lembaga Managemen Fakultas Ekonomi UI.

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar